Benarkah Konsultan ISO Adalah Konsultan Management Terbaik

Konsultan ISO adalah sebuah jasa untuk dapat memberikan nasihat dalam mengatur sebuah management dalam sebuah perusahaan atau juga organisasi. Orang yang menangani masalah ini adalah seseorang yang memiliki rekam jejak yang panjang dan juga ahli dalam penanganan berbagai masalah yang ada pada sebuah pengaturan di dalam perusahaan atau organisasi. Pada kenyataanya orang yang sudah berpengalaman panjang dalam menjadi perwakilan manajemen atau management respentative sendiri belum tentu dapat menjadi seorang konsultan ISO ini. Memang sangat diperlukan untuk dapat menukan sebuah tenaga ahli yang mendalami masalah ini sendiri. Menjadi seorang ahli konsultan dalam sebuah perusahaan dalam bidang tertentu juga belum pasti dapat menjalankan manajemen pada perusahaan lain yang memiliki bidang yang berbeda.

Ada beberapa tanggung jawab yang harus dipahami sebagai seorang ahli penasihat ISO ini sendiri, berikut ini adalah tanggung jawabnya :

  1. Seorang ahli penasihat ISO ini sendiri harus memberikan pelatihan atau training tentang ISO kepada perusahaan yang ingin memakai jasanya dan memastikan pihak perusahaan memahami tentang persyaratan ISO 9001:2008
  2. Seorang ahli ISO juga harus berusaha membantu perusahaan mengembangkan sistem dokumentasi mutu ISO 9001:2008 termasuk menentukan proses apa saja yang diperlukan dalam membuat dokumentasi mutu tersebut.
  3. Ahli ISO ini harus melakukan pelatihan tentang panduan pelaksanaan internal audit mutu 9001:2008 kepada perusahaan, di mana ahli juga harus memberikan bimbingan kepada perusaahan pada penemuan internal audit mutu ISO tersebut.
  4. Ahli ISO sendiri juga harus membimbing pelaksanaan kegiatan wajib yang dipersyaratkan oleh sistem manajement mutu ISO 9001:2008 yaitu rapat tinjauan manajement.
  5. Ahli ISO harus melakukan audit pre-assesment yang tujuannya adalah untuk memastikan bahwa tidak ada lagi persyaratan ISO 9001:2008 yang belum diterapkan. Dengan kata lain, tidak ada lagi kemungkinan ditemukannya temuan yang bersifat majour (fatal) yang mengakibatkan kegagalan mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008.

Maka dengan demikian sudah dipastikan bahwa seoran ahli penasihat ISO sendiri menjadi salah satu orang yang memang sangat penting dalam pengaturan manajemen pada sebuah perusahaan. Dengan adanya sertifikat ini sendiri akan menjadi salah satu hal yang paling penting dalam mengembangkan hasil audit.