Cara Mengatur Waktu Istirahat Selama Kehamilan

Istirahat sangat diperlukan untuk menjaga kondisi ibu dan janin agar proses kehamilan berjalan lancar. Selama kehamilan, atur waktu istirahat secara optimal agar menjamin kesehatan dan kekuatan tubuh. Istirahat untuk ibu hamil ini bisa bersifat aktif dan pasif. Inilah cara mengatur waktu istirahat dengan membaginya menjadi beberapa macam jenis istirahat.

  1. Berhenti Melakukan Pekerjaan Saat Lelah

Kesehatan dan kekuatan tubuh sudah seharusnya dijaga agar tidak kelelahan, sehingga bisa melakukan semua kegiatan secara optimal. Anda juga harus memahami kondisi tubuh agar bisa memperkirakan kapan waktunya harus istirahat. Saat hamil, tentu saja kondisi tubuh lebih cepat lelah karena menahan beban tubuh dan beban janin.

Berkaitan dengan hal tersebut, tidak semua pekerjaan bisa dilakukan saat hamil. Usahakan Anda hanya melakukan pekerjaan yang terbilang ringan dan tidak menguras banyak energi dan aman. Ketika sudah lelah, segeralah beristirahat agar tidak kelelahan dan stres. Dengan cara ini, Anda sudah bisa mengatur waktu istirahat secara efektif.

  1. Menyediakan Momen Santai

Momen santai sangat diperlukan untuk merelaksasi tubuh dari semua kejenuhan akibat rutinitas sehari-hari. Stres akibat perubahan hormon juga bisa diredakan dengan meluangkan waktu untuk momen santai.

Alokasi waktu ini sangat efektif untuk memanjakan diri agar lebih rileks dalam menghadapi persoalan. Momen ini bisa diisi dengan sharing, menonton film, berwisata, dan berbagai hal lainnya yang seru dan membuat hati bahagia.

  1. Menyediakan Waktu Melakukan Hobi

Hobi sangat efektif untuk meredakan stres karena merupakan suatu kegiatan yang paling digemari. Melakukan hobi saat hamil sangat efektif menyembuhkan stres agar tidak berkepanjangan. Anda bisa melakukan semua hobi yang tentunya terbilang aman untuk ibu hamil.

Kebahagiaan karena melakukan kegiatan yang disukai ini sangat ampuh menjaga kesehatan dan mencegah stres. Melakukan hobi bersama pasangan juga sangat positif bagi Anda. Melakukan hobi bersama pasangan tersebut bisa merelaksasi seperti saat sebelum melakukan posisi sex.

  1. Meluangkan Waktu untuk Tidur Siang

Tidur siang termasuk salah satu jenis istirahat aktif karena mengistirahatkan seluruh tubuh agar kembali berenergi. Sistem metabolisme tubuh juga akan berjalan optimal saat tidur. Menggunakan waktu untuk tidur siang sangatlah baik karena tubuh bisa beristirahat langsung setelah beraktivitas. Selain itu, waktu tidur Anda bertambah dan berlangsung efektif.

  1. Mengoptimalkan Waktu Tidur Malam

Waktu tidur malam juga harus diperhatikan. Berusahalah untuk tidur tepat waktu dan jangan tidur larut malam karena tidak baik untuk kondisi ibu dan janin. Kesehatan Anda saat hamil bisa dijaga secara optimal dengan mengoptimalkan waktu tidur malam. Untuk orang dewasa, tidur malam yang optimal adalah 6 jam. Bagi ibu hamil, usahakan lebih dari itu.

Selain melakukan istirahat aktif yaitu tidur, istirahat pasif juga bisa Anda lakukan selama kehamilan agar tubuh rileks. Istirahat pasif juga memungkinkan Anda melakukan kegiatan ringan yang bisa menyenangkan hati dan memotivasi. Berbagai jenis istirahat tersebut merupakan alokasi waktu yang efektif dilakukan.