6 Jenis Gaya Berenang dan Penjelasannya

admin Last updated on: February 16, 2024

Untuk menerapkan berbagai gaya renang membutuhkan teknik yang tinggi dan perlu latihan yang ahlinya. Renang merupakan salah satu olahraga air yang menjadi salah satu kompetisi olahraga nasional dan internasional.

1. Gaya Berenang Anjing

Gaya renang ini memposisikan kepala di atas permukaan air. Teknik berenang ini cukup mudah bagi pemula karena bisa mengapung di atas air. Posisi tangan dan kaki harus bergerak seperti anjing berenang.

2. Gaya Renang Samping

Gaya renang ini menggunakan sisi tubuh, sedikit orang juga yang mengetahui gaya renang ini. Gaya renang ini juga jarang dilombakan di kompetisi nasional maupun internasional. Teknik gaya renang ini menggunakan sisi tubuh untuk aktivitas berenang dengan kaki digerakan lebar seperti gunting dan harus menguatkan otot kaki.

3. Gaya Berenang Kupu-kupu

Renang gaya kupu-kupu atau biasa disebut gaya lumba-lumba, gaya renang ini cukup sulit dibandingkan dengan gaya renang lainnya. Tangan dan kaki harus seirama dalam melakukan teknik gerakan untuk mengontrol kecepatan. Pada dasarnya gaya renang ini harus kuat yaitu lengan karena memfokuskan kekuatannya pada lengan, dengan gerakannya yang seperti lumba-lumba keluar masuk air, kaki yang hanya lurus rapat mengikuti gerakan tubuh.

4. Gaya Berenang Dada

Gaya renang ini adalah yang paling mudah dan kecepatannya juga lebih lambat daripada gaya bebas. Gaya dada ini terlihat seperti katak, karena menggunakan bagian dada yang menghadap ke permukaan air. Teknik gaya renang ini membutuhkan tangan dan kaki yang kuat untuk menggerakkan tubuh agar bisa melayang seperti katak.

5. Gaya Punggung

Gaya punggung ini harus memposisikan tubuh terlentang sejajar dengan permukaan air yang terlihat seperti sedang melayang. Gaya renang ini berbeda dengan gaya bebas karena wajah menghadap ke atas. Oleh karena itu, teknik pernapasannya lebih mudah dibandingkan dengan renang gaya bebas.

6. Renang Gaya Bebas

Gaya renang ini membutuhkan bagian tubuh kita seperti penggunaan tangan dan kaki untuk meluncur di air dengan cepat. Menggunakan tangan untuk mengayuh secara bergantian sedangkan kaki digerakkan dengan cara melambai atau bergerak naik turun secara bergantian.

Jangan lupa sesekali mengambil nafas dengan cara mengangkat tangan ke atas untuk mengayuh lalu menggelengkan kepala ke kanan atau ke kiri dan juga bernafas melalui hidung dan mulut, cara ini harus dilakukan dengan hati-hati agar air tidak masuk ke hidung dan mulut.

Related posts

5 Foods Containing Carbohydrates as a Substitute for Rice

5 Foods Containing Carbohydrates as a Substitute for Rice

Timesofummah.com – 5 Foods Containing Carbohydrates as a Substitute for Rice. Rice is a versatile, healthy and inexpensive food...

10 Basic First Aid You Must Learn

10 Basic First Aid You Must Learn

Timesofummah.com – 10 Basic First Aid You Must Learn.Basic first aid is an important skill that anyone needs to...

5 Ide dan Peluang Usaha Terbaru buat Pemula di Tahun 2022!

5 Ide dan Peluang Usaha Terbaru buat Pemula di Tahun 2022!

timesofummah.com – 5 Ide dan Peluang Usaha Terbaru buat Pemula di Tahun 2022!. Berbagai ide dan peluang bisnis yang...

5 Zodiacs Face Obstacles July 2022, Scorpios Patience is Tested

5 Zodiacs Face Obstacles July 2022, Scorpios Patience is Tested

Timesofummah.com –  5 Zodiacs Face Obstacles July 2022, Scorpios Patience is Tested. The first weekend in July 2022 is...

5 Model Potongan Rambut Pria Sesuai dengan Bentuk Wajah, Cobain Bro!

5 Model Potongan Rambut Pria Sesuai dengan Bentuk Wajah, Cobain Bro!

timesofummah.com – 5 Model Potongan Rambut Pria Sesuai dengan Bentuk Wajah, Cobain Bro!. Terkadang seorang pria dihadapkan dengan kebingungan...

19 Shooting Techniques in Photography

19 Shooting Techniques in Photography

Timesofummah.com – 19 Shooting Techniques in Photography. The technique of taking pictures is an important thing to get a...